Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gibran Jokowi Nyatakan Maju di Pilkada Solo Lewat PDIP

  • Oleh Tempo.co
  • 20 Oktober 2019 - 11:46 WIB

TEMPO.CO, Surakarta - Gibran Rakabuming Raka atau Gibran Jokowi  menyatakan tidak tertarik maju jalur calon independen atau jalur perorangan pada Pilkada Solo 2020. Putra sulung Presiden Jokowi berjanji mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta lewat PDIP.


"Saya kan sekarang sudah jadi anggota PDIP," katanya saat di Hotel Novotel Solo pada Sabtu lalu,19 Oktober 2019.

Pengusaha katering itu mendaftar sebagai anggota partai di kantor DPC PDIP Solo pada akhir September lalu. Sekaligus Gibran Jokowi berniat mendaftarkan penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota melalui partai banteng tersebut. Tapi, penjaringan ternyata telah ditutup.

DPC PDIP Solo akan mengusulkan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa ke DPP PDIP.

Gibran Jokowi tidak bisa lagi mengikuti penjaringan di kepengurusan partai tingkat kota. Meski demikian dia mengatakan telah berkonsultasi ke beberapa tokoh senior PIDP dan hasilnya, dia bisa mengajukan diri lewat pengurus puat PDIP.


"Saya akan mendaftar dalam waktu dekat," katanya.

Gibran Jokowi mengatakan dirinya serius mengikuti bursa Wali Kota Solo. Bahkan, saat ini telah menyerahkan beberapa usahanya untuk ditangani adiknya, Kaesang Pangarep. "Agar bisa lebih fokus (di politik)."

Gibran Jokowi sekaligus menjawab dukungan maju melalui jalur independen.

Sebelumnya, Forum Muda Visioner Solo siap memberikan dukungan kepada Gibran untuk maju dalam bursa Wali Kota Surakarta melalui jalur perseorangan. Mereka mengaku sanggup mengumpulkan 40 ribu dukungan warga.

Dukungan melalui jalur perseorangan itu akan dilakukan jika peluang untuk maju melalui jalur partai politik telah tertutup. "Kami siap untuk menggerakkan relawan mengumpulkan KTP dan surat dukungan," kata penggagas Forum Muda Visioner, Antonios Yogo Prabowo, di Solo pada Ahad, 29 September 2019.

Berita Terbaru