Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ada Kematian Ikan Massal pada Peralihan Cuaca

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Oktober 2019 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perikanan Kabupaten Kotim mencatat tidak ada kematian massal ikan di keramba atau tambah, pada fase peralihan cuaca dari kemarau ke musim hujan.

"Sampai saat ini tidak ada laporan kelompok budidaya yang ikannya mengalami kematian massal," ujar kata Dinas Perikanan Kotim, Heriyanto, Minggu, 20 Oktober 2019.

Dia menerangkan, perubahan musim dari kemarau ke hujan tidak terlalu berpengaruh terhadap budidaya ikan. Karena kondisi air masih tetap memiliki PH yang baik.

Yang menjadi perhatian hanya ikan-ikan kecil saja. Karena kalau kondisinya lemah bisa mati. Hal itu terjadi akibat kondisi air di bagian permukaan dan di dalam berbeda suhunya.

"Kalau hujan kondisi suhu air sungai atau keramba bagian dalam tetap dingin. Sedangkan bagian permukaannya panas. Kalau ikan kecil bisa tidak tahan, hingga mati," kata Heriyanto.

Namun kematian ikan tersebut tidak dalam jumlah yang cukup besar. Hanya beberapa ekor saja, dan hal itu biasanya sudah diantisipasi pemilik keramba.

"Dari data kami, hanya beberapa ekor ikan saja yang mati. Dan mudah-mudahan tidak ada kematian massal ke depannya," harap Heriyanto. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru