Pemkab Seruyan Optimis Pelabuhan Teluk Segintung Jadi Sumber PAD Terbesar

  • Oleh Magang 2
  • 22 Oktober 2019 - 15:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemkab Seruyan optimis operasionalnya Pelabuhan Teluk Segintung  akan memberikan angin segar bagi peningkatan sumber pendapatan bagi daerah,  khususnya dalam peningkatan PAD.

Menurut Kepala Badan Pengelola Perpajakan dan Retribusi Daerah (BPPRD) Seruyan, Markus, Pemkab Seruyan saat ini mempersiapkan lahan di luar kawasan Pelabuhan, rencananya akan dibangun terminal, parkir dan pergudangan.

Sedangkan untuk  tangki timbun CPO, diharapkan masing-masing perusahaan  bisa membangun tangkinya. Pemkab Seruyan hanya menyiapkan lahan dengan sistem sewa untuk  tiap perusahaan yang melakukan pengapalan CPO di Pelabuhan Segintung.

“Dengan terbangunnya, area parkir, terminal serta pergudangan merupakan salah satu  sumber pendapatan daerah yang bisa kita kelola dari beroperasinya Pelabuhan Segintung untuk menunjang sumber PAD Seruyan ” katanya, Selasa, 22 Oktober 2019.

Tahap pertama, direncanakan luas lahan yang disiapkan Pemkab Seruyan untuk menunjang keberadaan Pelabuhan Segintung mencapai 200 hektare. Jumlah ini akan terus dilakukan penambahan dengan melakukan pembebasan lahan secara betahap.

Markus menambahkan, dari berbagai kunjungan ke beberapa pelabuhan di Indonesia, pihaknya optimis dari sektor pelabuhan ini akan mendatangkan PAD cukup besar bagi Seruyan ke depan. (MAGANG 2/B-2)

Berita Terbaru