Literasi adalah Hak dan Berikan Manfaat Nyata

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Oktober 2019 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Literasi merupakan hak dan memberikan manfaat yang nyata yang didapat melalui pendidikan sekolah maupun program adult literacy atau literasi untuk orang dewasa.

Perwakilan Perpustakaan Nasional, Sudarto dalam kegiatan Peer Learning Meeting Provinsi Kalimantan Tengah bertajuk Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Literasi untuk Kesejahteraan di Palangka Raya pada Selasa, 22 Oktober 2019.

"Program literasi untuk orang dewasa ini menghasilkan manfaat yang melampaui hasil dari pendidikan di sekolah. UNESCO di 2016 menyatakan program literasi untuk orang dewasa muncul untuk menghasilkan beberapa manfaat, khususnya membangun kepercayaan diri dan pemberdayaan dengan mekanisme pembiayaan yang sama efektifnya dengan pendidikan utama di sekolah," kata Sudarto.

Perpustakaan menurutnya sebagai pusat belajar masyarakat yang menyediakan informasi dan fasilitas belajar masyarakat berperan sangat penting untuk mendorong peningkatan literasi masyarakat.

"UNESCO Institute for Lifelong Learning Policy Brief menyerukan untuk menggunakan perpustakaan dalam mendukung upaya literasi nasional serta pengembangan dan keberlanjutan kemampuan literasi merupakan pembelajaran sepanjang hayat," tuturnya.

Kegiatan ini memiliki tujuan memperkuat peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui peningkatan kemampuan literasi yang meningkatkan kreativitas masyarakat dan mengurangi kemiskinan akses informasi.

"Diharapkan program ini menjangkau masyarakat di semua kalangan, mulai dari anak usia pra sekolah sampai usia lanjut, semua punya hak akses kepada perpustakaan," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru