Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPKP Gunung Mas Ingin Lahan Rawa Dijadikan Pertanian Produktif

  • 30 Oktober 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Kaula Kurun -  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Gunung Mas menggelar sosialisasi optimasi lahan rawa mendukung kegiatan selamatkan rawa sejahterakan petani (Serasi) Kabupaten Gumas tahun 2019.

"Melalui kegiatan ini, kami mengaharapkan lahan pertanian di lahan rawa akan menjadi lahan pertanian produktif," ucap Kepala DPKP Gunung Mas,  Kardinal di aula DPKP setempat,  Rabu, 30 Oktober 2019.

Dia menerangkan, upaya peningkatan indeks pertanaman dan produktivitas di lahan rawa, yakni ada beberapa kendala yang dihadapi, seperti keasaman tanah yang tinggi, rezim air yang fluktuatif, infrastruktur lahan dan air masih sangat terbatas. Selain itu juga faktor teknis dan pola pengolahan belum sesuai kaidah, dan tingginya biaya usaha tani di lahan rawa.

Sehingga, lanjut dia, memang diperlukan upaya optimalisasi lahan pertanian di lahan rawa melalui perbaikan infrastruktur lahan dan air dengan memprioritaskan tata air mikro, rehabilitasi atau pembangunan pintu air, serta peningkatan kualitas kesuburan lahan rawa. 

Menurut dia, agar optimasi lahan rawa berjalan baik, diperlukan partisipasi unit pengelola keuangan dan kegiatan (UPKK) yang ada di desa penerima bantuan serasi. 

"Selain partisipasi dari UPKK, di minta keseriusan seluruh tim optimalisasi lahan juga diperlukan, sehingga mencapai hasil yang memuaskan dan bermanfaat bagi petani di Gunung Mas." (HENDRA/B-5)

Berita Terbaru