Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sungai Katingan Mulai Pasang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 November 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan akhir-akhir ini tinggi hingga menyebabkan Sungai Katingan yang melintang dari wilayah Bukit Raya (hulu) hingga ke Pegatan (hilir) ini mulai pasang.

Hal ini berdasarkan pantauan borneonews.co.id, Minggu, 3 Nopember 2019 hari ini.

Sebelumnya, pada Kamis, 31 Oktober 2019 dan Jumat 1 Nopember 2019 sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan diguyur hujan cukup lebat.

Selain wilayah hulu Katingan, hujan lebat juga terjadi di bagian hilir, seperti Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala.

Sejumlah warga Kasongan yang ditemui mengaku, adanya curah hujan yang makin tinggi ini dinilai wajar. Pasalnya, bulan saat ini seperti sebelum-sebelumnya adalah memasuki musim penghujan.

"Saya kira memang sudah waktunya saat ini musim penghujan sehingga tidak heran kalau sering turun hujan hingga beberapa hari kedepannya," ujar Supri, warga Kasongan.

Menurutnya, mulai pasangnya Sungai Katingan sebagai tanda bahwa curah hujan mulai meninggi. "Mungkin yang diwaspadai masyarakat terutama yang selama ini bermukim di bantaran sungai atau dataran rendah agar selalu mewaspadai kemngkinan luapan air Sungai Katingan ini apabila curah hujan dalam beberapa hari kedepan terus tinggi," ujarnya.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama mengaku kalau tim gabungan siaga kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla sudah resmi dibubarkan per 30 Oktober 2019 kemarin.

Pasalnya, sejak awal Oktober 2019 titik api sudah mulai menghilang dan pertengagan Oktober 2019 Katingan sudah tidak ada titik panas lagi.

Memasuki musim penghujan, kata Akhmad Rubama pihaknya  mengimbau kepada masyarakat tetkait bakal munculnya sejumlah penyakit seperti DBD dan mengantisipasi bencana banjir yang dimungkinkan bisa terjadi pada setiap saat terutama warga yang bermukim di bantaran Sungai Katingan.

Berita Terbaru