Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerjasama Pemprov Kalteng dan Perajin Langkah Antisipasi Penyelundupan Rotan

  • 05 November 2019 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Langkah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah atau Pemprov Kalteng dalam menjalin kerja sama dengan pengrajin rotan adalah langkah tepat dalam antisipasi penyelundupan rotan.

Kasi Penyidikan dan Penindakan (P2) KPPBC Tipe Madya Pabean C Pulang Pisau di Palangka Raya, Firman, melalui Kasubsi P2, Yudha mengatakan, Kalteng yang merupakan salah satu wilayah penghasil rotan menjadi sasaran empuk para oknum untuk menyelundupkan hasil bumi ini ke luar negeri.

Ia mengatakan, pengawasan distribusi rotan di Kalteng ini akan sulit dilakukan oleh bea cukai saja. Perlu juga bantuan dari instansi terkait lainnya termasuk juga masyarakat.

"Perlu ada bantuan dari instansi terkait, baik TNI, Polri, termasuk juga masyarakat. Apalagi sebagian besar penyelundupan rotan ini dilakukan melalui jalur air," ujar Yudha, Selasa, 5 November 2019.

Ia mengatakan, pihaknya juga turut mengapresiasi langkah Pemprov Kalteng untuk menjembatani kerjasama petani lokal dengan perajin dari Cirebon. Menurutnya, itu salah satu langkah yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya penyelundupan rotan.

"Banyak hasil rotan yang diselundupkan ke luar negeri. Tentunya itu merupakan suatu hal yang merugikan bagi negara tentunya. Jadi langkah yang patut diapresiasi," tandasnya. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru