Gubernur Kalteng Mampu Wujudkan Smart Province

  • Oleh Budi Yulianto
  • 07 November 2019 - 20:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Keinginan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk mewujudkan smart province secara berangsur terwujud. Gedung smart province sudah ada. Di dalamnya juga menjadi pusat data untuk memantau sejumlah titik di berbagai daerah di Kalimantan Tengah.

Awak media telah menyambangi gedung itu yang berlokasi di belakang kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km 3,5 Palangka Raya, Kamis, 7 November 2019.

Kepala Dinas Kominfosantik, Herson B Aden langsung memandu, setelah lebih dulu memaparkan penyampaian inovasi di bidang kominfo.

Herson mengatakan, pada awal dirinya menjabat, banyak hal yang disampaikan gubernur berkaitan visi misinya. Salah satunya kemajuan bidang komunikasi yang menjadi tantangan baginya. Tugas yang tidak gampang karena harus membuat suatu rancangan yang disebut smart province.

"Alhamdulillah, selama 2,7 tahun, Kalteng akhirnya memiliki gedung smart province," kata Herson.

Bukan sekadar gedung, di dalamnya juga sudah ditunjang dengan beragam informasi yang menjadi pusat data.  Seperti dapat memantau 150 CCTV yang tersebar di tujuh kabupaten prioritas sejak 2017. Termasuk di Palangka Raya. 

Hal ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat (memberikan rasa aman dan nyaman) serta dapat membantu pemerintah, kepolisian dan pihak terkait untuk lebih cepat  mengambil tindakan atau keputusan terhadap berbagai kejadian di lapangan. 

Integrasi CCTV juga telah dilakukan dengan CCTV milik pemerintah kabupaten dan kota. Total dari 150 CCTV itu dapat diakses melalui ruang command center pada gedung tersebut. 

"Tujuannya membantu menjaga dalam hal keamanan dan kenyamanan di kota ini. Harapannya di kabupaten kota juga bisa jadi smart city," ungkapnya.

Selain itu, era Sugianto Sabran juga sukses membangun jaringan Fiber Optic (FO) sepanjang 34 km dan terhubung ke 43 OPD di lingkungan pemerintah Provinsi Kalteng dengan kecepatan 1 GigaBytes.

Berita Terbaru