Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Perusahaan Mulai Kerjakan Jalan Kereng Pekahi - Mendawai Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 November 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jalan penghubung antara Kereng Pekahi Kecamatan Kamipang menuju wilayah Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan dari dana CSR 2 perusahaan perkebunan saat ini sudah mulai dikerjakan.

Menurut Bupati Katingan, Sakariyas, Jumat, 8 Nopember 2019, panjang jalan yang dikerjakan pihak perusahaan perkebunan sekitar 40 kilo meter menuju arah wilayah Kecamatan Mendawai.

Dua perusahaan perkebunan kelapa sawit yang mengerjakan pembangunan jalan itu yakni PT AUS dan PT PEAK.

"Kedua perusahaan itu sudah ada giat di lapangan, mereka sudah mulai membangun badan jalan," sebutnya.

Menurutnya jalan yang dibangun pihak perusahaan ini hanya sampai wilayah areal kerja mereka.

Untuk meneruskan pembangunan jalan sampai menuju wilayah Mendawai nantinya akan ada anggaran dari Pemerintah Kabupaten Katingan, termasuk melakukan peningkatan jalan.

Pembangunan jalan dengan melibatkan pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit ke wilayah hilir Katingan ini, kata Bupati guna memutus keterisolasian warga di dua kecamatan, yakni Mendawai dan Kecamaan Katingan Kuala.

Pasalnya, sejauh ini dua kecamatan itu masih belum bisa diakses menggunakan transfortasi jalan darat dari Kasongan Ibukota Kabupaten Katingan maupun dari Sampit.

Selain jalur Kereng Pekahi - Mendawai, Bupati Sakariyas juga mengaku jika pembangunan ruas jalan dari Hampangen menuju Mendawai yang hingga kini belum kelar pembangunannya akan tetap dilanjutkan.

Pun demikian rencana pembangunan jalan dari wilayah Mendawai menuju wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur atau Kotim melalui sekitar alur Kerukan Hantipan juga akan tetap dikerjakan dengan bekerjasama pihak Pemkab Kotim. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru