Operator di Satu Pintu, Disdukcapil Barito Timur Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 November 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Barito Timur melakukan terobosan pelayanan kepada masyarakat Barito Timur dengan menggabungkan semua operator bidang di satu ruangan.

"Sekarang kita buat semua pelayanan dalam satu pintu, selain efesien dan cepat, koordinasi antar operator lebih mudah serta masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan dan catatan sipil hanya antri di satu tempat," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Barito Timur, Nakaria F Pundeh, di kantornya, Jumat, 8 November 2019.

Selain itu, lanjut Nakaria, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara daring (dalam jaringan), maka tanda tangan Kadis dilakukan secara elektronik.

"Jadi itu merupakan suatu kemudahan, karena tanpa kehadiran saya sebagai Kadis di tempat, semua berkas dapat ditangani secara online sehingga masyarakat yang mengurus sesuatu tidak perlu menunggu lama," imbuhnya.

Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Barito Timur, Rekaweyani, mengatakan bahwa sistem komputer yang digunakan untuk administrasi kependudukan dan catatan sipil juga terus diperbaharui untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Saat ini Software Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sudah di-upgrade ke versi terbaru sehingga pembuatan Kartu Keluarga menjadi lebih mudah karena Kadis dapat menandatangani secara online sekalipun tidak berada di kantor," paparnya. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru