Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analis: Harga CPO Bisa Menanjak ke RM2.700/Ton

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 12 November 2019 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Harga minyak sawit mentah (CPO) melesat ke level tertingginya dalam 20 bulan. 

Harga komoditas ini meroket lantaran ada penurunan produksi. Selain itu, stok CPO di Indonesia dan Malaysia juga diprediksikan merosot. 

Harga CPO kontrak pengiriman Januari 2020 di Malaysia Derivative Exchange naik 1,39% menjadi RM2.554 per metrik ton. Dalam sepekan, harga CPO sudah menguat 2,32%.

"Penguatan CPO juga terjadi karena ekspor CPO Malaysia kembali naik, khususnya ke China. Ekspor CPO Malaysia ke China di Oktober tumbuh 48% dibandingkan dengan bulan sebelumnya," kata analis Asia Trade Point Futures, Deddy Yusuf Siregar, dalam risetnya.

Kenaikan ekspor CPO Malaysia juga kembali terlihat setelah ekspor pada periode 1 hingga 5 November lalu sudah mencapai 172.580 ton. Kenaikan ini menandakan permintaan CPO kembali melesat usai meredanya perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS).

Permintaan CPO di pasar domestik juga diprediksi membesar seiring rencana penerapan program B20 di Malaysia dan B30 di Indonesia. 

Oleh karena itu, Deddy memprediksi harga CPO berpotensi naik ke atas RM2.700 per metrik ton di akhir tahun ini. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru