Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satuan Binmas Polres Kapuas Gelar Pembinaan Keamanan Swakarsa Dalam Kota

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 November 2019 - 14:38 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Satuan Binmas Polres Kapuas menggelar Pembinaan keamanan swakarsa (Binkamsa) dalam kota dengan menyambangi Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas pada Selasa, 19 November 2019.

Kegiatan itu diadakan di halaman kantor Satpol PP dan Damkar setempat di Jalan Ahmad Yani Kuala Kapuas. Dipimpin Kasat Binmas Polres Kapuas Iptu Asep M Sidik didampingi Kanit Binkamsa Bripka Sauzi.

Ipttu Asep M Sidik mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk jalin koordinasi dan bersama-sama meningkatkan kemampuan, pengetahuan serta kedisiplinan anggota Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas.

Terlebih, lanjut dia, Satpol PP memiliki peranan penting dalam menegakan peraturan daerah (Perda) yang dibuat oleh Pemerintah Daerah. Ia mengimbau jajaran Satpol PP dapat menghindari benturan dengan masyarakat ketika bertugas.

“Peran Satpol PP cukup penting membantu tugas Polri yakni menciptakan Tramtibum masyarakat, untuk itu agar menguasai aturan / Perda yang berlaku,” ucap Asep saat memberikan arahan.

Lebih lanjut, dia mengatakan kewenangan Satpol PP adalah melakukan tindakan penertiban non-yustisial terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang melakukan pelanggaran atas Perda dan/atau Perkada.

"Sehingga pembinaan dan arahan ini penting kami lakukan sebagai bentuk kemitraan," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru