Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indosat Jual Tower Telekomunikasi, Ini Manfaatnya

  • Oleh Inilah.com
  • 21 November 2019 - 09:40 WIB

INILAHCOM, Jakarta - PT Indosat Tbk (ISAT) menjelaskan akan melakukan beberapa transaksi dengan PT Protelindo dan PT Dayamitra maksimal senilai Rp6,39 triliun.

Transaksi ini 50% lebih dari besar total ekuitas ISAT per 30 Juni 201 sebesar Rp11,775 triliun atau menjadi transaksi material. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Rabu (20/11/2019).

Rencana transaksi ini terdiri dari perjanjian jual beli Protelindo, jual beli Dayamitra, perjanjian induk sewa tower Protelindo, perjanjian induk sewa tower Dayamitra, perjanjian induk sewa tanah Protelindo dan perjanjian induk sewa tanah Dayamitra. Rencana ini memerlukan persetujuan terlebih dahulu dari para pemegang saham ISAT.

Perseroan akan menjualan 2.100 menara dan tower kepada PT Dayamitra dengan penutupan rencana transaksi pada 16 Desember 2019. Nilia penjualan mencapai Rp4,44 triliun. Namun usai penjualan selesai, perseroan akan menyewa 2.100 tower tersebut dari PT Dayamitra. ISAT juga akan menyewakan 369 bdang tanah kepada PT Dayamitra selama 10 tahun.

Sementara perseroan juga melakukan transaksi sewa 1.000 tower dengan PT Protelindo selama 10 tahun. ISAT juga akan menyewakan tanah kepada PT Protelindo sebanyak 178 bidang tanah selama 10 tahun.

Nilai transaks ini mencakup nilai Dayamitra dan dari Protelindo. Namun masing-masing belum dikurangi dengan penerimaan swa lahan dan pencadangan garansi. Pelaksanaan rencana transaksi ini didasarkan pada beberapa syarat pendahuluan seperti para pihak diwajibkan mendapatkan persetujuan yang diperlukan untuk melaksanakan rencana transaksi ini.

Syarat-syarat pendahuluan harus dipenuhi oleh para pihak palng lambar pada saat penutupan rencana transaksi paling lambar 10 Desember 2019.

ISAT menjelaskan penjualan tower untuk mendapatkan dana sebagai pendanaan kembali struktur permodalan perseroan dengan cara yang lebih efisien. Isat ingin menyediakan dana tambahan untuk rencana investasi perseroan dan mengurangi biaya operasional menara.

Dengan demikian perseroan akan memperoleh kas dalam jumlah signifikan dari penjualan 3.100 menara karena mendapatkan keuntungan yang signifikan. Dampaknya aset lancar dan likuiditas perseroan akan meningkat dan mengalami perbaikan.

Perseroan juga akan mendapatkan pendapatan sewa tanah dar pembelian menara sehingga membaiknya rasio keuangan sehingga meningkatkan potensi perseroan untuk mendapatkan pinjaman baru sesuai rencana investasi perseroan.

Berita Terbaru