Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peningkatan Angkatan Kerja Harus Dibarengi Kualitas SDM

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 November 2019 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah Rivianus Syahril Tarigan menyebut peningkatan angkatan kerja ke depan harus dibarengi dengan kualitas Sumber Daya Manusia atau SDM. Termasuk dari sisi kompetensinya.

“Itu sudah mutlak. Ke depan, kompetensi sudah menjadi tuntutan pekerjaan,” kata Syahril Tarigan pada acara ekspose draft Rencana Tenaga Kerja Provinsi atau RTKP Kalteng tahun 2019-2024, Rabu, 27 November 2019.

Persoalan lain yang menjadi perhatiannya yakni berkaitan dengan pendidikan. Sebab, masih banyak angkatan kerja berpendidikan tapi tidak sesuai dengan tenaga kerjanya. Untuk itulah, hal ini juga menjadi tantangan bagi mereka agar nantinya angka miss macth atau tidak sesuai dapat ditekan.

“Tantangan kita bagaimana supaya pendidikan betul-betul macth dengan lapangan kerja,” tuturnya.

Berkaitan dengan RTKP tersebut, Syahril Tarigan mengatakan bahwa itu merupakan rencana tenaga kerja 5 tahunan sesuai dengan amanat UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Jadi di dalam rencana tenaga kerja provinsi ini memuat kondisi ketenagakerjaan kita dalam 5 tahun ke belakang. Lalu perkiraan kebutuhan tenaga kerja dan penyediaannya dalam 5 tahun ke depan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data statistik, lapangan kerja terluas saat ini masih didominasi bidang pertanian secara luas yang didalamnya mencakup perkebunan, holtikultura maupun pertanian.

“Kedua, perdagangan. Selanjutnya prediksi ke depan adalah pengolahan industry pertambangan. Nah, itu yang mendominasi lapangan kerja di Kalteng,” tuturnya. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru