Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Penyang Mulai Panen Massal di Lahan Diserahkan Perusahaan

  • Oleh Naco
  • 27 November 2019 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Desa Penyang, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, akhirnya mulai melakukan panen massal di areal lahan 117 hektare yang diserahkan perusahaan kepada mereka.

"Hari ini kami sudah mulai memanen sawit yang diserahkan PT Hamparan Massawit Bangun Persada (HMBP) kepada kami," kata Dedi Susanto, salah seorang warga, Rabu, 27 November 2019.

Pemanenan itu dilakukan karena dinilai lahan itu sah sebagai milik mereka. Selain berada di luar HGU, sudah ada penegasan perusahaan memberikan kepada mereka, yakni saat rapat dengar pendapat di DPRD Kotim beberapa waktu lalu.

PT HMBP melalui perwakilannya Bimo menyatakan siap menyerahkan lahan itu kepada warga setempat untuk dikelola sesuai ketentuan berlaku.

"Selain itu ada juga surat pernyataan dari perusahaan dan proses sudah kami jalankan, sehingga pemanenan kami lakukan," tegasnya.

Dedi mengatakan pemanenan itu tidak akan selesai sehari. Mereka memerkirakan sawit selesai dipanen hingga beberapa hari kedepan.

Bahkan saat warga memanen, tampak petugas dari kepolisian, TNI hingga petugas keamanan perusahaan ada di lokasi tersebut. Sementara warga terus memanen sawit itu.

"Selama ini perusahaan saja yang memanennya. Karena sudah jadi hak kami sewajarnyalah kami memanennya," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru