DPRD Kobar Dukung Dinas TPHP dan Petani Tingkatkan Produksi Padi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 Desember 2019 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -  Guna mencukupi kebutuhan beras lokal, Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali mendukung  Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan atau Dinas TPHP dan para petani untuk meningkatkan produksi padi.

Menurut Ketua DPRD Kobar, Rabu, 4 Desember 2019, dukungan ini perlu diberikan, mengingat masih tingginya minat untuk menanam padi  oleh masyarakat, guna menjaga ketahanan pangan.

"Karena masih banyak lahan sawah yang terbengkalai. Bila lahan tersebut diolah kembali, kedepan harapannya bisa ditanami padi," jelas Rusdi Gozali.

Rusdi Gozali mengatakan, bila dilihat dari lokasi pengembangan padi, selama ini hanya Kecamatan Arut Selatan dan Pangkalan Banteng yang aktif menanam padi. 

"Namun untuk kecamatan Kumai, Kotawaringin Lama, dan Pangkalan Lada itu masih minim. Untuk inilah dorongan dari Pemkab Kobar diperlukan untuk memperbanyak minat masyarakat menanam padi," jelas Rusdi Gozali.

Walau demikian, menurut Rusdi Gozali, ada juga kecamatan yang baru mulai mengembangkan tanaman padi.

"Kecamatan tersebut yaitu Arut Utara.

Kita semua berharap agar semangat menanam padi terus ditingkatkan, untuk mencapai harapan  peningkatan produksi padi di Kabupaten Kobar," jelas Rusdi Gozali.

Pasalnya, menurut Rusdi Gozali, sampai saat ini pasokan  beras di Kabupaten Kobar masih mrngandalkan dari luar daerah.

"Padahal, areal persawahan yang ada di Kabupaten Kobar cukup luas serta jumlah petani yang banyak. Seharusnya jika progresnya jelas, kita bisa mencukupi kebutuhan beras," jelas Rusdi Gozali.

Berita Terbaru