Warga Minta Bangun Pangaringan Baru

  • Oleh Agus Priyono
  • 04 Desember 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Kelurahan Panarung meminta agar pemerintah untuk membangun pangaringan baru atau saluran air untuk menanggulangi banjir yang kerap melanda daerahnya jika hujan deras tiba.

Ketua RT 02 Kelurahan Panarung, Erwansyah mengatakan pangaringan baru itu dimaksud supaya limpahan air dari RTA Milono, Pangaringan I dan Pangaringan II tidak menumpuk di Pangaringan III yang ada diwilayahnya.

Menurutnya, dengan pembangunan saluran air yang baru, disitribusi air dari Pangaringan I ataupun Pangaringan II tidak lagi melewati Pangaringan III, sehingga debit air dapat terkontrol apabila hujan deras mengguyur Kota Palangka Raya.

"Kami perlu solusi yang tepat. Kami perlu pangaringan baru yang berfungsi supaya aliran air dari pangaringan I dan II tidak kesini lagi. Sehingga debit air dapat terkontrol dan tidak banjir kalau hujan deras," ujar Erwansyah, Rabu, 4 Desember 2019.

Erwansyah pun berharap agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi kedepannya. Ia mengaku cukup was was apabila hujan deras mengguyur Palangka Raya dalam jangka waktu yang cukup lama.

"Kami berharap ini bisa tertangani dan direalisasi agar tidak terjadi lagi. Karena di Pangaringan III ini sering meluap kalau hujannya sampai dua atau tiga jam," pungkasnya. (AGUS/B-7).

Berita Terbaru