SMAN 5 Palangka Raya Terapkan Penilaian Akhir Semester Berbasis Android

  • Oleh Budi Yulianto
  • 10 Desember 2019 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – SMAN 5 Palangka Raya menerapkan penilaian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 berbasis Android.

“Tujuannya supaya anak-anak yang mengikuti ujian betul-betul fokus. Tingkat kejujuran juga semakin tinggi,” kata Kepala SMAN 5, M Ramli kepada borneonews.co.id, Selasa, 10 Desember 2019.

Ujian tersebut berlangsung pada Senin, 9 Desember 2019. Para siswa-siswi dalam satu kelas yang mengikuti ujian ini juga diacak. Menurut Ramli, penilaian akhir semester merupakan serangkaian proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. 

Berdasarkan pada PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas, penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah.

“Setiap satuan pendidikan selain melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien,” ungkapnya.

 

Dalam rangka penilaian hasil belajar, aspek pengetahuan penilaian oleh pendidik dilakukan melalui penilaian harian dan ulangan tengah semester. Sedangkan penilaian oleh satuan pendidikan dilaksanakan melalui kegiatan penilaian akhir semester.

Untuk penilaian aspek keterampilan, dilakukan melalui penilaian proyek, portofolio dan unjuk kerja. Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk pengisian nilai rapor semester ganjil.

Lebih jauh ia menjelaskan soal tujuan dilaksanakannya penilaian akhir semester. Di antaranya, untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik, mendiagnosis kesulitan belajar, memberikan umpan balik atau perbaikan proses belajar mengajar dan memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri serta merangsang untuk melakukan usaha perbaikan.

Ramli melanjutkan, pelaksanaan penilaian akhir semester SMAN 5 Palangka Raya mengacu pada prinsip-prinsip penilaian. Berikut rinciannya.

 

Berita Terbaru