Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PAUD Sebagai Pendidikan Yang Paling Fundamental

  • Oleh Ramadani
  • 14 Desember 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental, karena perkembangan anak dimasa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.

Untuk itu, Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia-Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Barito Utara menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kurikulum 13 (K13) untuk jenjang sekolah PAUD.

Bunda Paud, Hj Sri Hidayati melalui Wakil Ketua TP PKK Barito Utara Nila Sugianto Panala Putra mengatakan bahwa UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran, untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

“Kurikulum sebagai kerangka kerja yang berisi rencana dan implementasi sebuah program untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak dalam menyiapkan anak mencapai keberhasilan di sekolah dan tahap selanjutnya,” katanya, Sabtu 14 Desember 2019.

Ia menuturkan, kurikulum memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menarik dan berkualitas tinggi. Maka dari itu, kata dia, berdasarkan tujuan dari Diklat Kurikulum K13 PAUD tersebut, selaku Bunda PAUD sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Karena salah satu upaya yang dilakukan IGTKI yakni meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan di lembaga-lembaga PAUD dan TK di daerah ini.

“Dengan meningkatnya kualitas para pendidik tentu akan meningkat pula kualitas para anak didik PAUD yang mana anak PAUD adalah anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan punya kepribadian,” ungkapnya.

Bunda PAUD juga mengharapkan kegiatan ini akan bisa berlangsung secara berkesinambungan. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru