Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kata Kepala Dinas Pendidikan Katingan Soal Wacana Penghapusan Ujian Nasional

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Desember 2019 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan, Muhammad Hasrun angkat biacara terkait wacana pemerintah yang bakal menghapuskan ujian nasional atau UN. Terkait itu, menurutnya, harus ada altetnatif lain.

"Kita lihat saja nanti. Kalau UN dihapuskan, saya yakin ada alternatif lain sebagai pengganti untuk mengetahui tingkat mutu pendidikan secara nasional," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan, M Hasrun, Selasa, 17 Desember 2019. 

Namun sebaliknya, jika tidak ada ujian nasional atau UN dan alternatif lain, maka akan terjadi disparitas mutu pendidikan di masing-masing daerah.

Sementara itu, Muhammad Fahrudin, anggota komisi II DPRD Katingan, yang membidangi masalah pendidikan mengatakan hal senada.

"Kalau memang UN nantinya dihapus, maka harapan saya ada aternatif lain yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Jangan sampai dengan penghapusan UN ini, kualitas pendidikan di Indonesia khususnya Kabupaten Katingan akan jeblok," kata Muhammad Fahrudin.

Menurutnya, akan ada sisi negatif dan positif jika UN benar-benar dihapus oleh pemerintah.

"Segi positifnya mungkin bisa mengurangi beban biaya untuk pelaksanaan UN. Tetapi, sisi negatifnya, bisa jadi kualitas pendidikan bisa turun dibanding sebelumnya," katanya.

Dia mengatakan, dengan adanya ujian nasional bagi siswa sekolah mulai dari SD, SMP maupun tingkat SMA dinilai cukup bagus.

"Cuma penerapannya harus dibedakan, misalnya yang ada di Jakarta dengan yang ada di pelosok Kalimantan. Sebab nilai pendidikan ini tidak bisa dinasionalisasikan," imbuh Fahrudin. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru