Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Salat Gerhana Matahari Adalah Sunah Nabi Muhammad SAW 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Desember 2019 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Salat gerhana matahari atau disebut dengan salat kusuf merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Hal tersebutlah yang dilaksanakan umat muslim di Sampit, secara berjemaah di sejumlah masjid di daerah ini. 

"Salat kusuf ini merupakan sunah. Karena Nabi Muhammad memerintahkan umatnya untuk salat saat terjadinya gerhana matahari," ujar Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotawaringin Timur Syamsudin, Kamis, 26 Desember 2019. 

Ada banyak hikmah yang didapat dalam melaksanakan salat kusuf ini. Terutama dalam meningkatkan keimanan dan ketawaan umat muslim kepada Allah. Karena bersyukur dan mengakui bahwa ciptaan Allah tersebut benar adanya. 

Selain itu, salat sunah kusuf juga suatu perbuatan agar mengingat Allah dan mempercayai bahwa kiamat itu ada. Karena saat kiamat, dunia ini gelap tanpa ada matahari ataupun bulan. 

"Intinya salat sunah ini sangat baik dilaksanakan. Terutama bagi umat muslim daerah ini," kata Syamsudin. 

Anjuran lainnya saat terjadi salat gerhana yakni perbanyak berzikir dan mengingat Allah. Karena hal itu adalah kunci dalam kehidu, untuk selamat dunia dan akhirat. 

Sementara, Syamsudin sendiri melaksanakan salat kusuf di Masjid Jami Assalam. Yang diimami oleh Ustaz Abdullah. Dengan diikuti sejumlah jemaah baik laki maupun perempuan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru