Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jaring Putra Daerah, Anggota Pos AL Kumai Berikan Bimbingan Persiapan Calon TNI

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 Desember 2019 - 11:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Persiapan fisik dan mental tentunya harus dimiliki para remaja Kabupaten Kotawaringin Barat (Konar) yang berminat menjadi calon anggota TNI AL.

Agar putra asli Kobar bisa lolos dan berkiprah dalam angkatan perang yang memiliki motto Jalesveva Jayamahe tersebut, anggota Pos TNI AL Kumai secara langsung memberikan pengetahuan dan bimbingan fisik bagi calon peserta sebelum mengikuti tes rekrutmen.

Komandan Pos AL Kumai, Letda Laut (P) MS Rio Kusuma mengatakan dengan dasar bimbingan dan pelatihan ini diharapkan putra daerah Kobar bisa lulus tes rekrutmen.

"Ada serangkaian tes fisik, stamina dan mental yang harus dijalani remaja yang berminat masuk menjadi anggota AL. Karena saya lihat saat ini anggota AL yang berasal dari Kobar cuma 1 orang yaitu Pembantu Letnan Dua (Pelda) Roni warga Sungai Tendang, Kecamatan Kumai yang sekarang tugas di Pangkalan TNI AL Banjarmasin," jelasnya.

Karena itulah dia berharap agar lebih banyak lagi remaja warga Kobar yang bisa mengikuti jejak Pelda Roni untuk berkarir menjadi prajurit TNI AL.

Danposal mengatakan saat ini pendaftaran calon Tamtama prajurit karir TNI AL gelombang 1 tahun 2020 sudah dibuka mulai 18 November 2019 sampai 05 Januari 2020.

"Warga Kobar yang berminat mengikuti tes bisa mendaftar secara online melalui website al.rekrumen-tni.mil.id. Syarat pendaftaran tahun ini masih ada toleransi menggunakan ijazah SMP dengan usia 17 tahun 9 bulan, sedangkan batas usia pendaftar maksimal 22 tahun," jelasnya.

Menurutnya bila ada kesulitan dalam pendaftaran secara onlin warga yang berminat menjadi amggota TNI AL bisa langsung datang ke Pos TNI AL Kumai, Kelurahan Sungai Kapitan Kecamatan Kumai.

"Nantinya akan kita berikan bantuan informasi serta petunjuk apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi pelaksanaan tes rekrutmen yang digelar di Lanal terdekat yaitu Banjarmasin dan Pontianak. Bila yang bersangkutan lulus nantinya bakal mengikuti pendidikan terpusat di Surabaya," jelasnya.

Di lokasi Pos AL Kumai, seorang calon peserta yang dimendapatkan bimbingan yaitu Wan Andrean (21 tahun) warga LK 1 Kumai Hilir Seberang. Lulusan SMK Kelautan Batubara Medan ini merasa senang mendapatkan bimbingan sebelum mengikuti tes rekrutmen.

"Banyak pengetahuan serta tips yang diberikan oleh anggota Pos TNI AL Kumai yang berguna dan bisa saya laksanakan dalam mengikuti tes rekrutmen nanti," ujarnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru