Ini Tujuan Ingin Dicapai Pemkab Sukamara Melalui Peluncuran Bus Sekolah

  • Oleh Norhasanah
  • 02 Januari 2020 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara, Chairuddin menjelaskan, keberadaan bus sekolah bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi bersekolah.

"Anak usia dari 7 -  10 tahun yang tidak sekolah masih tinggi," ucap Chairuddin usai peluncuran bus sekolah di Sukamara, Kamis, 2 Januari 2020.

Menurutnya, untuk mengatasi itu, upaya yang dilakukan pemerintah daerah yakni dengan menyediakan transportasi gratis ke sekolah.

"Kita mencoba untuk mencari solusinya melalui bus sekolah ini dalam rangka meningkatkan angka partisipasi sekolah," ujarnya.

"Ini akan kita uji, apakah setelah adanya transportasi bus sekolah ini angka anak yang tidak bersekolah di usia sekolah menurun atau masih tetap sama," ujarnya.

Chairuddin melanjutkan, apabila angka anak tidak sekolah masih tinggi, maka  pihaknya akan mencari indikasi lainnya yang menyebabkan anak di usia sekolah tidak mengenyam pendidikan.

"Kalau seandainya nanti masih kurang signifikan artinya pendongkrakan angka partisipasi masih kecil,  berarti masih ada aspek lain yang mesti kita kejar," tukasnya. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru