Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kondisi Masih Aman dari Banjir, Kewaspadaan Jangan Kendor

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 Januari 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kondisi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dinyatakan masih aman meskipun hampir setiap hari hujan mengguyur wilayah setempat.

Kendati demikian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, Petrus Rinda tetap mengingatkan semua pihak agar tidak mengendorkan kewaspadaan terhadap kondisi banjir.

"Berdasarkan pantauan hingga saat ini beberapa wilayah yang dianggap rawan banjir seperti Kecamatan Arut Selatan (Arsel),  Arut Utara (Aruta),  Pangkalan Banteng dan Kumai masih dalam kondisi aman," jelas Petrus, Jumat, 3 Januari 2020.

Lokasi yang perlu diwaspadai, menurut Petrus adalah daerah pinggiran sungai dan daerah rendah. "Sebagai bentuk antisipasi banjir, sebelum masuknya musim hujan, Pemkab Kobar telah melakukan normalisasi sungai kecil yang berada di dalam Kota Pangkalan Bun. Tujuannya mencegah  luapan air sungai yang merendam pemukiman," ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, lanjut Petrus, pembersihan selokan dan gorong-gorong untuk memperlancar aliran air hujan agar tidak memgggenang juga telah dilakukan.

Hal lain, Petrus mengingatkan masyarakat agar waspada saat  hujan deras disertai angin kencang dan petir. 

"Sebisa mungkin hindari berteduh di bawah pohon, lantaran hal tersebut rawan terjadi pohon tumbang dan sambaran petir," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru