Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jokowi Diam-diam Tinjau Waduk Pluit, Petugas Istana 'Kebobolan'

  • Oleh Teras.id
  • 04 Januari 2020 - 08:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendadak meninjau waduk Pluit, Jakarta Utara, sebelum mulai beraktivitas di Istana Merdeka, Jakarta. Kegiatan spontan ini membuat petugas dan wartawan Istana "kebobolan".

"Tadi kami disuruh biro pers cepat-cepat naik (mobil) komuter. Ternyata bapak sudah di Pluit," cerita Marshalina Gita, jurnalis Metro TV, Jumat, 3 Januari 2019.

Namun, baru setengah perjalanan, kata dia, pihak biro pers mendapat informasi dari ajudan jika Jokowi sudah selesai meninjau dan kembali lagi ke Istana. "Biro pers Istana aja kebobolan. Jadi dia kayaknya dari Bogor langsung ke sana," tuturnya.

Banjir melanda daerah Jabodetabek pada 1 Januari 2020. Melalui akun Instagramnya, Jokowi menyebut jika banjir paling parah terjadi di empat daerah aliran sungai (DAS) di DKI Jakarta, yakni DAS Krukut, Ciliwung, Cakung, dan Sunter.

Menurut Jokowi, pembangunan prasarana pengendalian banjir pada keempat sungai itu mengalami kendala sejak 2017. "Karena masalah pembebasan lahan," katanya, kemarin.

Ia mencontohkan program pengendalian banjir Sungai Ciliwung baru ditangani 16 kilometer dari rencana keseluruhan 33 kilometer. Adapun di pertengahan aliran Sungai Ciliwung ini, kata Jokowi, pemerintah sedang membangun Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi.

"Kemajuan pembebasan tanah di atas 90 persen dan perkembangan pembangunan fisik mendekati 45 persen," ucap dia. Dua bendungan ini ditargetkan rampung akhir tahun.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru