Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Serangan AS ke Iran Tekan Bursa Saham Eropa

  • Oleh Inilah.com
  • 04 Januari 2020 - 11:20 WIB

INILAHCOM, London - Ketegangan geopolitik melonjak setelah serangan udara AS di Irak menewaskan seorang komandan militer Iran menjadi sentimen negatif bagi bursa saham Eropa pada Jumat pagi (3/1/2020).

Indeks acuan Eropa Stoxx 600 turun 0,7% pada pertengahan pagi, indeks DAX turun 1,4%. Untuk saham perjalanan dan liburan jatuh 1,7% untuk memimpin kerugian karena semua sektor diperdagangkan di zona merah kecuali minyak dan gas, yang melonjak 0,8% di balik kerusuhan baru di Tengah Timur.

Mayor Jenderal Iran Qasem Soleimani, kepala Pasukan Quds elit Teheran, tewas pada Jumat dini hari akibat serangan udara AS pada konvoinya di bandara Baghdad, Pentagon telah mengkonfirmasi seperti mengutip cnbc.com.

Menteri Luar Negeri, Iran telah tweeted bahwa AS bertanggung jawab atas semua konsekuensi dari serangan tersebut. Sementara Fars News Agency melaporkan seorang juru bicara mengatakan bahwa badan keamanan top Iran akan bertemu untuk membahas tanggapan Teheran.

Harga minyak melonjak setelah serangan itu, dengan Brent Crude dan WTI keduanya naik lebih dari 3% Jumat pagi.

Pasar utama Asia turun pada Jumat sore karena investor menimbang dampak ketegangan baru di Timur Tengah, dengan indeks Hang Seng Hong Kong memimpin kerugian.

Saham Tullow Oil Inggris memimpin biaya untuk sektor minyak dan gas naik 3,6% selama perdagangan pagi. Saham Airlines Lufthansa dan Air France KLM masing-masing turun 6,7% dan 7,5%. Sedangkan Easyjet dan IAG juga menurun didukung kenaikan tajam harga minyak.

(INILAH.COM)

Berita Terbaru