Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ruas Jalan Menuju Desa Handiwung Katingan Hampir Tiap Tahun Kebanjiran

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Januari 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ruas jalan Hanpangen - Mendawai wilayah Desa Handiwung Kecamatan Tasik Payawan Kabupaten Katingan hampir setiap tahun selalu kebanjiran.

Sejak dua hari ini, ruas jalan tersebut terendam banjir hingga sepanjang sekitar 3 kilometer dengan ketinggian mencapai sekitar 30 centimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga menuturkan, ruas jalan ini hampir setiap tahun kebanjiran setelah dibukanya Jalan Hanpangen - Mendawai enam tahun lalu.

Banjir yang menggenangi ruas jalan yang belum teraspal ini karena luapan danau di sekitar Desa Handiwung. Hal ini terjadi setelah beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah ini tinggi, sehingga air dari danau meluap hingga merendam ruas jalan menuju Desa Handiwung tersebut.

"Iya banjir yang menggenani jalan menuju arah Desa Handiwung Kecamatan Tasik Payawan itu hampir tiap tahun terjadi termasuk awal tahun 2020 ini," jelas Eka Surya Dilaga, Sabtu, 4 Januari 2020.

Eka mengaku bersama anak buahnya hari ini melakukan pemantauan di beberapa titik yang dinilai rawan banjir. Selain di Jalan Hampangen - Mendawai wilayah Desa Handiwung, pihaknya hari ini juga memantau di jalan arah Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan dan Petak Bahandang Ibu Kota Kecamatan Tasik Payawan.

Di Talingke dan Petak Bahandang, kata Eka, kondisinya aman dari banjir, baik jalan arah menuju wilayah itu maupun di permukiman masyarakat setempat.(ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru