Menhub Angkat Bicara Soal Pilot Tahan Penumpang Garuda

  • Oleh Teras.id
  • 08 Januari 2020 - 10:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maskapai penerbangan mengedepankan kepuasan pelanggan dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.

Peringatan ini terkait insiden tidak menyenangkan dari pilot dan awak kabin Garuda Indonesia pada penerbangan kelas bisnis GA 404 Jakarta-Denpasar pada Sabtu, 4 Januari 2020 yang kemudian viral di media sosial.

"Kami sebagai regulator tetap minta kepada para operator [penerbangan] mempersiapkan tim yang punya dasar customer satisfaction yang bagus," kata Budi di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 7 Januari 2020.

Menurut Budi, pembenahan pelayanan terus didorong oleh pemerintah baik pada fasilitas dan layanan bandara. Pemerintah juga telah meminta maskapai melakukan peremajaan pesawat. Tujuannya meningkatkan kenyamanan bandara sebagai gerbang pariwisata nasional.

"Penerbangan itu ujung tombak dari wisata, jadi kalau operator tidak siapkan customer satisfaction maka akan bermasalah," katanya.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 6 Januari 2020 menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang tersebut.

“Saat ini Garuda Indonesia sedang melakukan investigasi atas pilot dimaksud untuk mengetahui lebih lanjut dugaan apakah yang bersangkutan telah melampaui kewenangannya ketika bertugas atau telah bekerja sesuai prosedur," kata Fuad.

Ia mengaku pihaknya terus berkomunikasi dengan penumpang tersebut dan berupaya menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan sebaik-baiknya.

“Perlu kiranya kami sampaikan bahwa sebelumnya Garuda Indonesia tidak pernah mengeluarkan pernyataan resmi atau data penumpang maupun informasi apapun terkait dengan insiden ini kepada media dan publik,” ujarnya.

Ia menyesalkan beredarnya data pribadi penumpang dan keluarga sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. “Dapat kami pastikan bahwa hal tersebut bukan berasal dari Garuda Indonesia,” ujar Fuad.

Seorang penumpang di penerbangan GA 404 dengan akun @jesswjk menceritakan hal yang tidak menyenangkan yang dialaminya saat penerbangan tersebut.

Ia mengaku ditahan oleh petugas keamanan penerbangan (avsec) atas perintah pilot berdasarkan surat keterangan agar yang bersangkutan tidak keluar lounge untuk diminta klarifikasi atas tuduhan penghinaan terhadap maskapai pelat merah tersebut.

Berita Terbaru