Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satpolair Polres Kapuas Tanam Pohon Mangrove Cegah Abrasi Kawasan Pesisir

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Januari 2020 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Satpolair Polres Kapuas menanam bibit pohon mangrove atau bakau untuk mencegah terjadinya abrasi di kawasan pesisir, sehingga ekosistem lingkungan dapat terjaga dengan baik.

Pohon ini diperlukan untuk melindungi daratan dari abrasi akibat gelombang laut, sehingga akan bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat.

Kasatpolair Polres Kapuas AKP Krisistya Artantyo Octoberna mengatakan penanaman puluhan pohon di pesisir DAS Kapuas tepatnya di Desa Sei Berangas, Kecamatan Kapuas Kuala itu sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan antisipasi terjadinya abrasi.

“Tujuannya untuk mengurangi efek dari abrasi pantai. Juga bisa sebagai tempat untuk tinggal, makan, pemilahan dan pembibitan untuk berbagai jenis ikan," ucapnya, Sabtu, 11 Januari 2020.

"Juga bisa untuk produk kayu yang dihasilkan dari pohon mangrove seperti arang, kayu bakar, tiang kayu, serpihan kayu dan bubuk kayu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Dia berharap dengan adanya aksi penanaman mangrove tersebut bisa menjadikan alam sekitar terutama kawasan pesisir pantai bisa terjaga keasriannya.

"Kami juga berharap setelah adanya penanaman mangrove itu masyarakat sekitar juga bisa menjaga dan merawatnya, sehingga nantinya bermanfaat bagi semua," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru