Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Nyandau Durian di Kecamatan Arut Utara

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 Januari 2020 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -  Setiap musim durian, masyarakat Dayak yang bermukim di Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) masih melakukam tradisi nyandau atau panen besama buah yang dijuluki King of Fruit ini.

Sebagai bentuk penghormatan terjadap tradisi tersebut Bupati Kobar Nurhidayah dan suami H. M Ruslan AS bersama rombongan Satuan Organisasi Pimpinan Daerah (SOPD) menggelar gathering dan nyandau durian di Camp Harapan wilayah Bukit Balang Desa Riam, Kecamatan Aruta, Jumat, 10 Januari malam hingga Sabtu, 11 Januari 2020 pagi.

Menurut bupati, kegiatan nyandau durian juga sekaligus merupakan wadah dirinya dan para SOPD untuk bersilaturahmi dengan warga Desa Riam dan Panahan.

"Kegiatan nyandau durian merupakan salah satu potensi yang bisa dikembangkan sebagai ini salah satu program wisata. Karena di Kacamatan Aruta berpotensi untuk dilakukan pengembangan tanaman hutan varietas lokal seperti durian, kerantungan, pampaan dan buah hutan lainnya," jelasnya.

Selain itu dari ketinggian Bukit Balang ini sekitar 2.000 mdpl merupakan sensasi tersendiri pada penggemar wisata alam bebas.

"Harapannya lokasi ini nantinya menjadi salah satu objek wisata baru yang busa dikembangkan, dengan kegiatan unggulan yaitu nyandau durian bersama masyarakat Kecamatan Aruta," ujarnya.

Kepada masyarakat Aruta, bupati berpesan agar menjaga potensi yang ada ini, jangan sampai hutan tersebut beralih fungsi. 

"Bila perlu, pohon durian yang berusia ratusan tahun ini bisa direplanting dengan pohon yang baru. Karena hanya ini yang masih tersisa dan menjadi sejarah untuk anak cucu kita generasi yang akan datang," jelasnya.

Sehingga generasi yang akan datang mengetahui bahwa buah durian lokal kita tidak kalah dengan buah di tempat yang lain.

"Bila hutan ini sudah beralih fungsi, mungkin generasi berikutnya tidak akan bisa menikmati durian asli pohon usia ratusan tahun," jelasnya.

Berita Terbaru