Tabur Bunga dan Haul Pejuang di Peringatan Pertempuran 14 Januari

  • Oleh Wahyu Krida
  • 14 Januari 2020 - 12:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Peringatan peristiwa pertempuran 14 Januari 1946 digelar di Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa, 14 Januari 2020. Ditandai dengan tabur bunga dan haul pejuang.

Kegiatan yang berlangsung pukul 08.00 WIB tersebut, dimulai dengan apel pasukan yang dipimpin Danlanud Iskandar Letkol Pnb Didik Setiya Nugroho. Pesertanya, puluhan anggota TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar Kobar, serta pelajar.

Setelah itu dilanjutkan dengan tabur bunga di Sungai Kumai oleh Bupati Kobar, Nurhidayah dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Kegiatan dilanjutkan di Termimal Penumpang Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Di sana, dilaksanakan haul para pahlawan yang gugur dalam pertempuran pejuang dari Kecamatan Kumai melawan tentara Belanda.

Dalam kesempatannya, Bupati Kotawaringin Barat mengatakan peringatan ini sebagai salah satu upaya mengenang perjuangan para pahlawan bangsa.

"Karena perjuangan rakyat Kobar yang berasal dari Kumai, di antaranya Panglima Utar, mampu mengobarkan semangat kepahlawanan untuk berjuang melawan penjajah," jelas Nurhidayah.

Bupati Kobar mengharapkan, melalui peringatan ini, generasi muda bisa meneladani semangat kepahlawanan dari para pejuang.

"Bila dulu perjuangan melawan penjaja dengan mengangkat senjata, saat ini kita sebagai generasi penerus harus melanjutkan perjuangan mereka dengan belajar, bekerja, dan berkarya. Harus giat untuk memberantas kebodohan serta meningkatkan kualitas hidup manusia. Lakukan berbagai inovasi untuk terus meningkatkan pembangunan di segala bidang," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru