Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ternyata, Mari Elka Terpilih Jadi Direktur Bank Dunia karena Ini

  • Oleh Teras.id
  • 17 Januari 2020 - 11:26 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Grup Bank Dunia, David Malpass mengungkapkan alasannya memilih Mari Elka Pangestu menjadi Direktur Pelaksana Kebijakan  Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

Ia menuturkan, Menteri Perdagangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut dianggap memiliki banyak pengalaman di kancah internasional dalam menyelesaikan perekonomian dunia.

"Ms. Pangestu bergabung dengan kami dengan keahlian manajemen yang diakui dan pengalaman global yang luar biasa, telah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia 2004-2011 dan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014," kata Malpass dalam pernyataan tertulis kepada Tempo yang diterima Rabu, 15 Januari 2020.

Kemudian, kata Malpass, Mari Elka juga dianggap bisa menyelesaikan masalah para nasabah Bank Dunia. "Ms. Pangestu dianggap sebagai pakar internasional tentang berbagai masalah global yang penting bagi keberhasilan negara-negara klien kami," ungkapnya.

Dia menjelaskan, Bank Dunia memiliki dua tujuan utama yakni menyelesaikan masalah kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dunia. Dalam mencapai kesuksesan target tersebut, Malpass mengatakan, dibutuhkan orang yang cocok dalam mengisi posisi divisi kebijakan dan kemitraan pembangunan.

"Pengalaman internasional Ms. Pangestu yang ditunjukkan, akan memperkuat keahlian global Bank Dunia dan meningkatkan kemampuan kami untuk melibatkan donor, pemangku kepentingan, dan mitra dalam komunitas internasional termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), G20 dan G7, untuk memajukan tujuan dan komitmen lembaga (Bank Dunia)," ujar Malpass lagi.

Selanjutnya Malpass juga berkomitmen, guna mencapai pembangunan yang lebih baik, pihaknya akan terus memberikan  solusi  kepada negara-negara nasabah Bank Dunia agar bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan mendesak bagi mereka. "Melalui kebijakan pembangunan yang baik, manajemen pengetahuan yang efektif, kemitraan yang kuat, dan koordinasi kerja yang efisien di seluruh kawasan kerja secara global," kata dia.

Oleh karena itu, ia memastikan, posisi Direktur Pelaksana Kebijakan  Pembangunan dan Kemitraan yang diisi Mari Elka Pangestu saat ini akan semakin memperkuat kerja analitis, penelitian ekonomi, dan manajemen pengetahuan dari Bank Dunia.

Adapun Mari Elka Pengestu akan bekerja secara efektif sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan  Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia mulai 1 Maret 2020. (TERAS.ID)

Berita Terbaru