Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak 7 Tahun Meninggal Diduga Tertular Virus Langka Akibat Gigitan Nyamuk

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 20 Januari 2020 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Seorang anak berusia 7 tahun warga Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau meninggal dunia pada, Sabtu malam, 18 Januari 2020. Bocah ini diduga terinfeksi virus langka. 

Virus tersebut yaitu japanese encephalitis atau JE. Dalam istilah Indonesia virus JE dikenal juga  dengan penyakit radang otak. 

Virus JE ini termasuk penyakit langka. Karena pertama kali virus ini ditemukan di Negara Jepang. 

Penularan virus JE ini melalui gigitan nyamuk culex. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, penyakit yang diderita anak tersebut masih diduga virus JE. 

"Tetapi belum pasti juga. Karena harus ada uji sampel dan sebagainya untuk memastikan itu," kata Muliyanto, Senin, 20 Januari 2020. 

Ia menjelaskan, kalau diduga penyakit DBD itu dipastikan negatif. Karena saat dilakukan pemeriksaan hasilnya tidak menunjukkan munculnya tanda-tanda DBD.

"Memang ada kemiripan gejala antara DBD dan JE ini. Sama-sama ditularkan melalui virus dan sama-sama penyakit mematikan jika tidak secepatnya dilakukan penanganan," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru