Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tekan Biaya Produksi Ikan dengan Pengolahan Pakan Mandiri

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Januari 2020 - 10:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengembangkan pengolahan pakan ikan secara mendiri. Cara ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan biaya produksi budidaya ikan.

"Pengolahan pakan secara mandiri sangat berdampak terhadap penekanan biaya produkai budidaya ikan," ujar Kepala Dinas Pertanian Kotim Herianto, Rabu, 22 Januari 2020.

Dia menjelaskan dalam beberapa tahun terakhir, tidak banyak para nelayan budidaya ikan di Kotim yang dapat bertahan lama.

Hasil evaluasinya kondisi ini terjadi karena besarnya biaya produksi yang tidak sesuai dengan hasil penjualan ikan. Salah satu yang membuat tingginya biaya produksi ikan adalah harga pakan yang terbilang cukup mahal. Yakni mencapai Rp 12.000 per kilo gram.

Sehingga sejak setahun terakhir ini dinas perikanan mulai mengembangkan produksi pakan ikan secara mendiri.

"Pakan mandiri yang kami buat, nilai proteinnya sudah sudah sesuai standar yang ada, bahkan sudah diuji oleh mereka. Harga jualnya hanya Rp 7.000," terangnya.

Hal tersebut pun disambut antusias para nelayan budidaya ikan, bahkan jumlah pembudidaya ikan yang ada naik 100 persen, sehingga produksi pakan ikan yang perharinya menghasilkan 2,5 ton belum bisa memenuhi permintaan para pembudidaya ikan di Kotim ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru