Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OPAL Bisa Tekan Inflasi Jika Dikembangkan dengan Baik

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Januari 2020 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Program Obor Pangan Lestari (OPAL) di pekarangan kantor dan rumah bisa menjadi salah satu upaya untuk menekan inflasi. Terutama dengan tanaman sayuran yang sering menjadi pemicu inflasi. 

"Tentu tujuan OPAL ini bukan hanya memanfaatkan pekarangan saja, namun juga sebagai upaya penekan inflasi, karena tanaman yang ditamaman merupakan holtikultura," ujar Kepala Dinas Pertanian Kotim I Made Dikantara, Kamis, 23 Januari 2020. 

Seperti halnya tanaman cabai, tentu sering ditemukan harga yang melambung tinggi di pasaran. Hal ini tentunya bisa disiasati dengan OPAL yang memanfaatkannya pekarangan untuk menanam cabai. Sehingga tidak lagi membeli di pasar dan tidak khawatir meskipun harga melambung tinggi. 

Begitu juga dengan bawang merah, yang sewaktu-waktu juga menjadi pemicu terjadinya inflasi. Namun dengan tanaman di pekarangan sendiri, maka kebutuhan bisa terpenuhi. 

"Kalau OPAL hanya dilakukan oleh satu dua orang atau beberapa kantor saja, memang tidak terasa. Namun kalau dilakukan seluruh masyarakat, maka akan dapat menekan inflasi," terang Made. 

Dirinya juga berharap OPAL bisa dijalankan juga oleh setiap Satuan Organisasi Prangkat Daerah (SOPD) di Kotim ini. Sehingga bisa menjadi percontohan bagi masyarakat nantinya. 

"Kami juga siap mengajarkan hal tersebut kepada masyarakat. Sehingga pekarangan rumah bisa lebih bermanfaat," kata Made. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru