Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Utara Ingatkan BPD Harus Mengerti Perencanaan dan Keuangan Desa

  • Oleh Ramadani
  • 27 Januari 2020 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara, Sugianti Panala Putra mengingatkan bahwa badan permusyawaratan desa atau BPD harus mengerti masalah perencanaan dan keuangan desa, khususnya yang berkaitan dengan peranan BPD pada dua bidang tersebut.

Menurut Sugianto, sebagai lembaga yang mengawasi dan bekerja sama dengan pemerintah desa, anggota BPD harus dapat mengerti dan menguasai pula tugas, fungsi, kewajiban, kewenangan serta berbagai ketentuan lainnya.

“Hal ini bermanfaat dalam menjalin kerja sama dan menjaga harmonisasi serta hubungan baik antara BPD dengan pemerintah desa, serta lembaga lainnya yang ada di desa,” katanya di Aula Kecamatan Teweh Tengah pada kegiatan pelatihan awal masa tugas bagi anggota BPD yang baru dilantik, Senin, 27 Januari 2020.

Dia menuturkan, sebagai sebuah lembaga resmi, administrasi dan pelaporan BPD juga harus diperhatikan. Administrasi dan pelaporan yang baik merupakan gambaran bahwa lembaga tersebut telah bekerja dan berjalan dengan baik pula.

"Terkait salah satu tugas dan fungsi BPD yaitu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, maka saya berharap agar berbagai permasalahan, laporan, aspirasi, keinginan dari masyarakat di desa bisa di tampung oleh BPD,"

"Kemudian disalurkan ke instansi atau lembaga yang berwenang. Akan lebih baik kalau permasalahan tersebut dapat dicarikan jalan keluar dan diselesaikan oleh BPD dan Pemdes sendiri," tuturnya.(RAMADHANI/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru