Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Evaluasi Nilai SAKIP Lamandau Terus Alami Perbaikan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 Januari 2020 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik -  Pemerintah Kabupaten Lamandau kembali menorehkan prestasi membanggakan seiring dengan keluarnya hasil laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang mengalami perbaikan. SAKIP Pemkab Lamandau 2018 bernilai CC kini menjadi B.

Prestasi atas perbaikan nilai SAKIP diketahui saat penyerahan laporan hasil evaluasi SAKIP oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB, M Yusuf Ateh kepada Bupati Lamandau, Hendra Lesmana di Bali, Senin 27 Januari 2020.

Dikonfirmasi BORNEONEWS Selasa 28 Januari 2020, Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengatakan perbaikan nilai SAKIP ini merupakan hasil dari kerja keras semua pihak dalam mewujudkan pengelolaan administrasi yang akuntabel dan transparan.

Menurutnya SAKIP juga merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan berbasis hasil.

"Kita patut bersyukuruk atas hasil ini. Alhamdulillah kita menerima predikat B. Mudah-mudahan kedepannya bisa meningkat kembali," katanya.

Hendra menyebut perbaikan pemerintahan dan sistem manajemen merupakan agenda penting dalam reformasi birokrasi yang sedang dijalankan oleh pemerintah saat ini.

Sistem manajemen pemerintahan diharapkan berfokus pada peningkatan akuntabilitas serta sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil atau outcome.

Maka pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk penerapan sistem pertanggung jawaban yang jelas dan teratur dan efektif yang disebut dengan SAKIP.

“Tujuan SAKIP adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru