Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

35 Pasien DBD Ditangani di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Sejak Januari 2020

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Februari 2020 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sepanjang Januari 2020 hingga awal Februari, sudah ada 35 pasien dengan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditangani di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Terkait hal ini, Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr. Fachruddin pada Rabu, 5 Februari 2020 mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan instruksi siaga terhadap DBD.

“Kondisi siaga ini maksudnya bukan darurat. Namun diminta bagi seluruh wilayah sudah siap terkait DBD agar segera mengambil langkah pencegahan dan penindakan,” jelas Fachruddin.

Ia menuturkan, kondisi siaga itu lantaran belum masuk 2 bulan pada tahun 2020, sudah ada 35 pasien rawat inap dengan kasus tersebut.

“Saat ini kami sedang melakukan pendataan. Kalau berdasarkan informasi memang pasien mengabaikan. Tapi, kita juga tidak tahu apakah karena saat ini sedang musim hujan hingga mengabaikan genangan air, apalagi beberapa hari yang lalu beberapa daerah dilanda banjir,” ungkap Fachrudin.

Walau demikian, dinas terkait masih belum memutuskan apakah kasus ini dinyatakan darurat atau sudah kejadian luar biasa (KLB). 

"Masih dilakukan pendataan kondisi lapangan terlebih dahulu, karena banyak dugaan apakah kondisi ini dipicu oleh adanya genangan air yang diabaikan oleh masyarakat saat musim hujan ini atau ada hal yang lain," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru