Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Agama Kapuas Terus Matangkan Persiapan Ujian Madrasah Lewat Rapat Koordinasi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Februari 2020 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kapuas melalui Seksi Pendidikan Madrasah terus mematangkan persiapan ujian madrasah tahun 2020, diantaranya lewat rapat koordinasi yang diikuti para kepala madrasah.

Kegiatan Ujian di Madrasah merupakan agenda rutin setiap tahun yang pelaksanaannya bertujuan mengevaluasi hasil belajar siswa dan siswi yang telah mengikuti proses belajar mengajar di madrasah, baik itu MI, MTs, dan MA. di dalamya terdapat Ujian Praktek, UAMBN, USBN, dan UN. 

"Meski kegiatan ujian ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, namun tetap perlu dipersiapkan secara matang, jadi kami sudah lakukan rakor," ucap Kasi Pendidikan Madrasah Sajarwan, Rabu, 5 Februari 2020.

Hal itu diadakan karena untuk kegiatan pelaksanaan ujian tahun 2020 terdapat beberapa perbedaan dari segi regulasi yang dikeluarkan pemerintah dibandingkan tahun sebelumnya.

"Terutama menyangkut pelaksanaan USBN yang diberikan kewenangan  pelaksanaannya kepada masing-masing Satuan Pendidikan sehingga disebut UM atau Ujian Madrasah," katanya.

Di sisi lain, regulasi yang diterbitkan pemerintah untuk pelaksanaan Ujian UNBK dan UAMBNBK di Madrasah khusus untuk MA tidak terdapat perbedaan signifikan dari tahun sebelumnya. 

"Pelaksanaan UM atau Ujian Madrasah 2020 merujuk pada Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional," tuturnya.

Dalam Permendikbud tersebut dijelaskan pada Pasal 6 bahwa Ujian Sekolah / Madrasah menjadi penentu kelulusan siswa setelah siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/prilaku baik, serta mengikuti Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan.

"Kemudian dalam pasal 5 dijelaskan bahwa pelaksanaan ujian bisa dilaksanakan dalam bentuk Portofolio, Penugasan, test tertulis atau bentuk kegiatan lainnya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru