Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keluarga Peserta Tes CPNS di Kotim Ramai-Ramai Melihat Nilai Hasil Tes di Layar Monitor

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Februari 2020 - 13:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah keluarga peserta tes calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ramai-ramai melihat langsung nilai seleksi kompetensi dasar (SKD) yang ditampilkan di layar monitor di ruang tunggu.

Mereka sengaja memantau melalui layar monitor untuk mengetahui langsung nilai para sanak keluarganya yang ikut tes. Cara itu dilakukan agar bisa memantau nilai peserta yang lulus dan yang tidak.

Nilai peserta akan langsung muncul di layar sesuai soal yang mereka kerjakan dan harus melewati nilai ambang batas yang sudah ditentukan.

"Cukup banyak keluarga yang memantau langsung nilai hasil SKD, mungkin karena ingin memastikan keluarga mereka lulus atau tidak pada SKD ini," ujar Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotim, Wignyo Susanto.

Para peserta tes TKD harus melewati ambang batas nilai yang sudah ditentukan pemerintah. Di antaranya tes wawasan kebangsaan dengan nilai 65, tes intelegensia umum 80, dan tes karakteristik pribadi 126.

Pihaknya sengaja menyiapkan 2 layar monitor untuk para keluarga peserta, sehingga bisa memantau langsung nilai hasil TKD yang dikerjakan. Cara ini untuk meminimalisasi kecurangan dan kecurigaan peserta.

"Kami ingin semuanya bersifat transparan. Jadi kelaurga bisa melihat langsung berapa nilai keluarganya dan bisa mencatatnya langsung," terangnya.

Nilai tersebut langsung muncul di layar setiap kali peserta menjawab soal, sehingga bisa diketahui apakah sudah mencapai ambang batas atau belum. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru