Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbanyak Ruang Terbuka Hijau di Sampit

  • Oleh Naco
  • 06 Februari 2020 - 19:05 WIB


BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Muhammad Kurniawan Anwar mendorong agar pemerintah kabupaten memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH) dan ramah anak di Sampit.

Saat ini kata dia hanya ada dua RTH yang dioptimalkan masyarakat yakni kawasan Taman Kota Sampit dan Stadion 29 November. 

"Saya sangat berharap bundaran besar di Km 3 Jalan Jenderal Sudirman bisa dimanfaatkan demikian," kata Kurniawan, Kamis, 6 Februari 2020.

Menurut dia ruang terbuka hijau ramah anak sangat dibutuhkan. Saat ini Kotim kekurangan RTH atau ruang terbuka hijau ramah anak dan keluarga.

Menurutnya, ruang terbuka hijau ramah anak bisa dibangun di mana saja, termasuk di tengah pemukiman warga padat penduduk agar bermanfaat bagi masyarakat. 

Pembangunannya tidak hanya menggunakan dana APBD, tetapi juga bisa menggandeng pihak swasta melalui program CSR atau corporate social responsibility perusahaan. 


Ruang terbuka hijau ramah anak sejalan dengan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang kini dijalankan di kota-kota besar. 

Konsepnya berupa ruang publik terbuka hijau seperti taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, pengawasan CCTV dan ruangan-ruangan yang melayani kepentingan komuniti yang ada di sekitar lokasi tersebut, seperti ruang perpustakaan, ruang laktasi atau menyusui dan lainnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah bersama instansi terkait lain memperhatikan masalah ini. Ruang terbuka hijau ramah anak sangat penting demi menciptakan wisata bermain untuk anak agar anak-anak bisa mendapatkan masa berkembang yang baik dan aman untuk perkembangan mereka.(NACO/B-5)

Berita Terbaru