Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Bawang Putih di Pasar Tamiang Layang 56 Ribu per Kilogram

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Februari 2020 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Harga bawang putih di Pasar Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur naik menjadi Rp56 ribu per kilogram atau naik hampir 100 persen dari harga normal Rp30 ribu per kilogram.

Seorang pedagang bahan kebutuhan pokok di Pasar Tamiang Layang bernama Iris menjelaskan, kenaikan ini sudah terjadi sejak beberapa hari lalu.

"Kami tidak tidak tahu persis penyebabnya karena dari pemasok sudah naik harganya. Mungkin pengaruh isu virus corona itu," kata Iris di Pasar Tamiang Layang. Selasa, 11 Februari 2020.

Dia menjelaskan, pasokan bawang putih ke Pasar Tamiang Layang masih normal, hanya harga saja yang mengalami kenaikan.

Sementara itu Kabid Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Barito Timur Ulianto yang dihubungi via telepon, belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebab kenaikan harga bawang putih tersebut di pasar.

"Kami sementara ini ditugaskan oleh Dinas Perdagangan Provinsi untuk mendata kenaikan harga bawang putih. Yang kami temukan di pasar Ampah dan Tamiang Layang harganya berkisar antara 50 ribu sampai 55 ribu," kata Ulianto.

Menurutnya, hasil pendataan tersebut selanjutnya akan dilaporkan ke Dinas Perdagangan Provinsi untuk sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil langkah mengatasi kenaikan harga bawang putih.

"Sementara upaya itu yang bisa kami lakukan, setelah melaporkan datanya nanti ke provinsi baru kita bisa tahu langkah-langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya," pungkas Ulianto. (BOLE MALO/m)

Berita Terbaru