Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Pulang Pisau Gelar Rakorda Pengendalian Karhutla Tahun 2020

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 11 Februari 2020 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020, Selasa, 11 Januari 2020.

Rakorda itu dipusatkan di aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau dan dibuka langsung oleh Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo. 

Sejumlah kepala dinas juga hadir pada kegiatan itu. Termasuk Kapolsek se Kabupaten Pulang Pisau, Camat se Kabupaten Pulang Pisau, sejumlah Kades, perwakilan Perusahaan Besar Swasta (PBS) dan kemitaraan. 

Bupati mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal memadukan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagakan pada masa membangun komunikasi dalam upaya peningkatan kapasitas kesiapsiagaan di tingkat masyarakat.

Termasuk menginventarisir seluruh program kegiatan pada SOPD terkait penyusunan perencanaan dengan upaya penanggulangan bencana baik pada masa pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana. 

"Sekaligus menetapkan langkah-langkah terpadu seluruh SOPD terkait dalam penanggulangan bencana Karhutla 2020," kata Edy. 

Lanjut Edy, penanganan Karhutla ini merupakan tanggung jawab semua pihak. Dirinya juga meminta dunia usaha lebih perhatian lagi terhadap pengendalian dan pencegahan Karhutla. 

"Karena Karhutla ini menjadi sorotan banyak pihak. Sehingga sangat diperlukan perhatian kita bersama dalam penanganannya," ujar dia. 

Bupati juga meminta semua SOPD saling bekerjasama memetakan apa saja yang menjadi wewenang dalam pencegahan dan pengendalian bencana Karhutla. Termasuk Kades juga bisa lebih perhatian terhadap wilayahnya agar dijaga dari Karhutla. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru