Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Desa di Seruyan Raya Ditargetkan Bebas BAB Sembarangan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 16 Februari 2020 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sebanyak 4 desa  di Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan ditargetkan bebas buang air besar atau BAB sembarangan khususnya di sungai dan kebun.

 

Dinas Kesehatan Seruyan melalui Puskesmas Terawan,  melalui program kesehatan lingkungan, terus melakukan upaya upaya dengan memberikan  sosialiasi kepada warga setempat.

 

Menurut Rudinah selaku Sanitarian Pelaksana pada Puskesmas Terawan,  pihaknya secara rutin melakukan monitoring Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) khususnya pada desa Bangkal, Lanpasa,Selunuk dan Terawan. 

 

“Kami berharap terus berupaya agar dalam waktu  tidak terlalu lama 4 desa ini,  sudah bebas dari buang air besar sembarangan,  hal ini dalam rangka untuk meningkatkan derajat kesehatan warga setempat,” jelasnya, Minggu, 16 Februari 2020.

 

Saat ini,  melalui berbagai pendekatan langsung dengan masyarakat yang belum punya jamban, diberikan saran dan masukan untuk tidak BAB ke sungai  atau pun sembarangan, ada beberapa jamban di sungai sudah mereka bongkar, namun ada beberapa lagi seperti di desa Terawan yang masih di pertahankan oleh  warga setempat.

 

Begitu juga untuk Desa Lampasa, masih ada jamban di sungai dan ada sebagian warga belum memiliki wc, sehingga perlu ada solusi agar semuanya memiliki sanitasi yang layak dan sehat.

 

“Mudah mudahan dengan terus melakukan pendekatan kepada warga,  kebiasaan BAB di sungai maupun  kebun,  bisa segera di hilangkan, karna banyak dampak bagi kesehatan jika kebiasaan BAB sembarangan ini terus terjadi,” tandasnya. (FAHRUL/B-5)

 

Berita Terbaru