Banjir di Desa Tumbang Koling Genangi 35 Rumah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Februari 2020 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir yang terjadi di Desa Tumbang Koling, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggenangi 35 rumah warga yang tersebar di tiga RT. 

"Setelah kami data, ada 35 buah rumah yang terendam banjir di 3 RT yang ada di desa tersebut," ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Yephi Hartadi, Senin, 17 Februari 2020.

Pihaknya saat ini masih berada di lokasi desa yang diterjang banjir. Kondisi masyarakat di daerah tersebut masih berdiam di rumah mereka masing-masing. Sedangkan bantuan sendiri direkomendasikan dari perusahaan sawit yang ada di sekitar desa tersebut. 

"Kami rekomendasikan dari perusahaan dulu, karena desa ini jaraknya dekat dengan perusahaan," kata Yephi. 

Untuk bantuan logistik, pihaknya akan meneruskan ke dinas sosial. Sebab, mereka lebih banyak memiliki persediaan pangan. Sehingga dalam waktu dekat akan diupayakan untuk masyarakat di desa tersebut.

Sedangkan untuk tinggi banjir sendiri saat ini masih berkisar anatara 50 centimeter hingga 1 meter. Tergantung dataran dari desa tersebut. 

"Banjir sendiri terjadi karena hujan deras yang terjadi kemaren sehingga membuat sungai yang ada di desa tersebut meluap," terang Yephi. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru