Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes dan RSUD Lamandau Nyatakan Siap Tangani Pak Mihal

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Februari 2020 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pak Mihal (68), warga Kelurahan Kudangan, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau kini tengah berjuang melawan penyakit langka yang dideritanya. Hasil diagnosa medis terdahulu, penyakitnya tersebut sejenis tumor ganas.

Akibat kondisinya yang kian memburuk, diinfirmasikan bahwa Pak Mihal kini tak bisa beraktifitas seperti biasanya. Dirinyapun berharap agar kondisinya dapat segera mendapatkan penanganan.

Dikonfirmasi hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamandau, Friarayatini, mengaku bahwa dirinya sudah mendapat laporan terkait pak Mihal tersebut.

Sebagai langkah tanggap, Dinkes Lamandau memastikan sudah melakukan pengecekan langsung terhadap yang bersangkutan.

"Kita sudah menerima laporan tentang adanya seorang warga yang menderita penyakit langka di Kelurahan Kudangan. Kitapun sudah melakukan pengecekan, termasuk untuk memastikan bahwa yang bersangkutan memiliki kartu BPJS," ungkap Friarayatini.

Karena sudah menjadi peserta BPJS, kata dia, maka secara otomatis biaya pengobatannya akan ditanggung oleh BPJS.

"Kami juga sudah menyarankan kepada pihak keluarga agar yang bersangkutan segera bawa ke Puskesmas, dan apabila tidak dapat ditangani juga bisa langsung dirujuk ke RSUD Lamandau," ujarnya.

"Kami dari Dinkes juga sudah melakukan koordinasi dengan RSUD Lamandau. Pada prinsipnya, Dinkes dan RSUD Lamandau siap menerima dan menangani pasien tersebut," tegasnya.

Sementara itu, Camat Delang AACG Yudah Sulasopli menyebut, sakit yang diderita pak Mihal tersebut sudah diidap sejak beberapa tahun terakhir ini. Tahun lalu, ia pernah ikut program kesehatan yang dicanangkan pemerintah, meskipun kondisinya tidak separah saat ini. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru