Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar dan Jajaran Batalkan Kunjungan Kerja ke Daerah yang Terdampak Virus Corona

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 Maret 2020 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Nurhidyah membatalkan sejumlah agenda kunjungan kerja ke luar daerah yang terdampak virus corona.

Keputusan ini diambil melalui rapat terbatas, Selasa 3 Maret 2020. Pembatalan agenda kunjungan kerja ini dalam rangka mencegah masuknya virus corona ke Kobar sebagai tindaklanjut pengumuman dari presiden terkait 2 WNI yang terinfeksi virus corona.

“Saya minta sementara ini kepada ASN atau masyarakat untuk sementara menghindari dulu perjalanan ke daerah yang sudah terjangkit corona virus,” jelasnya.

Selain itu menurut bupati, sesuai instruksi Presiden dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional, daerah juga diminta menyiapkan anggaran untuk mengantisipasi kondisi darurat dalam konteks penanggulangan, pencegahan dan penanganan bila ditemukan adanya kasus virus corona.

"Saat ini anggaran kita juga telah disiapkan untuk mengantisipasi kondisi darurat. Bila situasi dan kondisi memerlukan, terkait pembatasan wisatwan mancanegara sesuai instruksi presiden, secara otomatis akan dilakukan di Kobar bila pemerintah pusat melakukan hal tersebut," jelasnya.

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr. Fachruddin menjelaskan lantaran tanda-tanda pasien yang diduga terinfeksi virus corona mirip dengan gejala pasein pneumonia, maka tenaga medis akan memberikan perhatian khusus bila menemukan orang dengan tanda tersebut.

"Bila dulu kita tanyai apakah pernah bepergian ke luar negeri, khususnya ke negara yang terkena wabah virus corona, kali ini bila ada yang pernah bepergian ke daerah yang dianggap terdampak virus tersebut, seperti Jawa Barat, maka akan kita lakukan pemeriksaan lanjutan. Tujuannya untuk memastikan apakah orang tersebut positif atau negatif terinfeksi virus tersebut," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru