Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Karena Komitmen Pemerintah Daerah Tingkatkan Pembangunan Manusia

  • Oleh Ramadani
  • 03 Maret 2020 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan bahwa naiknya level Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten ini dari sedang menjadi tinggi karena didasarkan pada komitmen pihaknya yang terus memacu peningkatan pembangunan manusia.

Untuk itu, Nadalsyah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam “Kerja Keras, Kerja Ikhlas dan Kerja Tuntas” sehingga capaian IPM Barito Utara meningkat dari 65,12 pada tahun 2013 menjadi 70,52 pada tahun 2019.

“Status IPM kita dari yang berstatus “sedang” naik menjadi berstatus “tinggi” pada tahun 2019,” jelas Nadalsyah, Selasa 3 Maret 2020.

Nadalsyah menjelaskan, berbagai upaya perlu dilakukan Pemerintah diantaranya, pertama, pemerintah perlu memacu laju pertumbuhan Indeks Kesehatan, Indeks Pengetahuan dan Indeks Standar Hidup Layak untuk meningkatkan laju pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Kedua, upaya peningkatan laju pertumbuhan indeks kesehatan dengan perbaikan derajat kesehatan masyarakat, dimana meningkatnya Angka Harapan Hidup yang menunjukkan tingkat kematian yang dilihat dari sisi harapan hidupnya.

“Kita telah berupaya dengan pembangunan rumah sakit yang telah diresmikan penggunaannya pada awal tahun 2018, peningkatan status puskesmas menjadi puskesmas rawat inap, mengaktifkan posyandu dengan berbagai kegiatan pelayanan kesehatan serta kegiatan-kegiatan lainnya,’ ungkap H. Nadalsyah.

Ketiga, Upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan baik dari segi ketersediaan fasilitas pendidikan, kualitas tenaga guru maupun keterjangkauan biaya pendidikan.

Dan terakhir adalah infrastruktur jalan yang secara masif dilaksanakan pembangunannya. Dengan infrastruktur yang baik, dapat mendukung peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan dan taraf ekonomi masyarakat.

“Pemerintah Daerah masih dan akan terus berupaya agar kualitas jalan bisa terus ditingkatkan demi keterjangkauan kepada fasilitas kesehatan, pendidikan dan pemerataan perekonomian di Barito Utara yang lebih mantap lagi,” tutup H Nadalsyah. (RAMADHANI/B-5) 

Berita Terbaru