Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

50 Jiwa di Desa Gandang Barat Mengungsi Mandiri Karena Banjir

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 05 Maret 2020 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Sudah 9 hari banjir melanda wilayah Desa Gandang Barat, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau. Banjir tersebut membuat 50 jiwa mengungsi mandiri dari 355 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau, Salahudin mengatakan, pengungsi mandiri itu adalah mereka yang tidak bersedia ditempatkan di lokasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Para pengungsi lebih memilih untuk tinggal di rumah tetangga dan saudara mereka. 

"Karena banjir tersebut sudah masuk ke rumah warga. Dapur warga juga terendam," kata Salahudin, Kamis, 5 Maret 2020. 

Ia menambahkan, pihaknya belum menetapkan status terkait banjir yang melanda wilayah Gandang Barat tersebut. Karena masih melihat beberapa hari kedepan. 

"Tetapi kami tetap siaga. Posko di lapangan juga ada. Kami juga memberikan makanan kepada para pengungsi mandiri," ujar dia. 

Salahudin mengungkapkan, para petugas terus melakukan pemantauan di lokasi banjir. Gandang Barat ini memang menjadi salah satu wilayah langganan banjir. 

"Wilayah Kecamatan Sebangau Kuala juga mulai terdampak banjir. Kami selalu monitor. Diprediksi memang musim hujan ini sampai April 2020 mendatang," tutur Salahudin. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru