Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rehabilitasi Mangrove di Desa Sungai Baru Diharapkan Stabilkan Wilayah Pesisir

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Maret 2020 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Badan Pengelolaan DAS Hutan dan Lahan (BPDASHL) Kahayan berharap rehabilitasi tanaman mangrove di Desa Sungai Baru, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara bisa menstabilkan wilayah pesisir.

"Secara umum mangrove memiliki akar yang efesien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir," kata Kepala Seksi Program DASHL Kahayan, Tamrin, Kamis, 5 Maret 2020.

Menurutnya, mangrove bisa menjadi pelindung dari pengikisan tanah akibat air, sehingga program rehabilitasi mangrove diwilayah tersebut dapat terlaksana sesuai harapan.

"Fungsi kedepan, areal ini diharapkan dapat berperan dalam pencegahan erosi dan abrasi pantai, serta menstabilkan daerah pesisir," harapnya.

"Kegiatan penanaman perdana mangrove yang dilakukan ini mungkin terlihat hanya sekedar serimonial saja, namun apabila penanaman ini berhasil betapa hijaunya wilayah ini dalam 10 atau 20 tahun ke depan," ujarnya.

Dia menambahkan, rehabilitasi hutan dan lahan di kawasan pantai Kabupaten Sukamara telah lekasana sejak 2018 dan saat ini dilakukan pemelihataan tahun kedua, dan kembali dilakukan di 2020. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru